Cita-Cita Jadi Dokter? Perlu Pelajari Ilmu Kimia

Cita-Cita Jadi Dokter? Perlu Pelajari Ilmu Kimia
AkuKimia - Seiring berjalannya waktu banyak ilmu-ilmu baru yang lahir di dunia ini. Hal ini memudahkan kita untuk mengakses pengethauan baru dan mempelajari sesuatu yang kita belum mengerti. Salah satu ilmu tersebut adalah ilmu kimia. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu dari manfaat ilmu pengetahuan alam yang sangat penting bagi kita, karena hidup kita ini tidak lepas dari apa itu kimia. Percaya atau tidak tubuh kita ini tersusun dari beberapa senyawa kimia, selain itu peristiwa yang sering kita lihat juga kebanyakan mengandung unsur-unsur kimiawi. (artikel terkait : manfaat ilmu kimia)

Kehadiran kimia di hidup kita memberikan perubahan baik. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mempelajari ilmu kimia. Tidak perlu diragukan lagi manfaat yang kita peroleh dari belajar ilmu kimia. Namun sebelum kita membahas tentang manfaat mempelajari ilmu kimia, alngkah baiknya kita mengenal lebih dalam tentang ilmu kimia. Dalam dunia ini ilmu kimia dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain :

Kimia organik
Dalam bidamg ini membahas tentang bahan-bahan alami, yang menjadi pusat kajiannya adalah senyawa-senyawa organik (senyawa hidrokarbon), seperti manfaat alkohol, manfaat minyak bumi dan masih banyak lainnya.

Kimia anorganik
Bidang ini lawannya organik, jika kimia organik membahas tentang senyawa organik, maka di bidang ini yang menjadi pusat kajian adalah senyawa-senyawa anorganik, seperti mineral, manfaat garam dan lain sebagainya.

Biokimia
Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa bidang ini memiliki keterkaitan dengan ilmu lain yaitu biologi. Dalam bidang ini mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan biologi, terutama mengenai sifat dan komposisi senyawa serta hasil reaksi perubahannya. Senyawa senyawa yang dipelajari meliputi manfaat karbohidrat, manfaat protein, manfaat lemak, manfaat vitamin, manfaat enzim, manfaat hormon dan masih banyak lainnya.

Kimia analitik
Dalam bidang inilah kita menemui kimia kualitatif dan kuantitatif, dalam bidang ini fokus pada pengembangan dan aplikasi peralatan analisis yang semakin canggih.

Kimia lingkungan
Sama seperti namanya, bidang ini fokus pada permasalahan seputar lingkungan, seperti pencemaran, pengolahan limbah ataupun sampah, pengolahann air bersih dan masih banyak yang lainnya.

Kimia inti (Radiokimia)
Bidang  radiokimia ini memfokuskan kajiannya pada zat-zat radioaktif, tentang penanganan dan pemanfaatannya seperti penggunaan pengobatan, pertanian, dan hidrologi.

Kimia farmasi
Bidang ini fokus pada pembuatan obat-oabatan, dari proses pemisahan, pembuatan, dan pengembangan bahan-bahan alam yang mengandung zat aktif.

Kimia fisik
Bidang ini memiliki kesinambungan dengan ilmu fisika, sehingga bidang ini memfokuskan kajian  pada energi yang terjadi pada reaksi kimia, sifat fisik kimia dan perubahan senyawa kimia.

Kimia pangan
Bidang ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan, seperti kualitas bahan pangan, zat-zat yang ada di dalamnya dan masih banyak lainnya.

Demikian Manfaat Ilmu Kimia dalam berbagai bidang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel