Substitusi Radikal Bebas

Substitusi Radikal Bebas

Reaksi Substitusi
Berikut ini merupakan reaksi dimana sebauh atom pada molekul digantikan oleh atom atau atom-atom lain. Termasuk didalam substitusi radikal bebas yaitu pemutusan ikatan karbon-hidrogen pada alkana seperti:


methaneCH4
ethaneCH3CH3
propaneCH3CH2CH3
Ikatan baru nantinya membentuk sesuatu yang lain.
Juga termasuk pada alkil seperti metil dan etil.


metilCH3
etilCH3CH2
Sebagai contoh, asam etanoik berupa CH3COOH dan mengandung sebuah metil. Ikatan karbon-hidrogen sama seperti pada metan yang bisa diputuskan dan digantikan oleh atom yang lain.
Berikut ini contoh sederhana seubstitusi yaitu reaksi antara metan dan klorin dengan adanya sinar ultraviolet (atau sinar matahari).
CH4 + Cl2CH3Cl + HCl
Perhatikan bahwa atom hidrogen pada metan digantikan dengan atom klorin. Itulah yang disebut dengan substitusi.
Reaksi radikal bebas
Radikal bebas merupakan atom atau grup atom yang memiliki sebuah elektron tidak berpasangan/ bebas. Reaksi substitusi radikal bebas merupakan reaksi yang berhubungan dengan radikal bebas.
Radikal bebas dibentuk jika ikatan terbelah menjadi dua yang sama-sehingga setiap atom mendapat satu dari dua elektron yang dipakai untuk berikatan. Disebut juga sebagai pembelahan homolitik.
Untuk menunjukkan sesuatu (atom atau grup atom) merupakan radikal bebas, dituliskan dengan simbol titik untuk menunjukkan elektron yang tidak berpasangan. Sebagai contoh:


Radikal KlorinCl
Radikal MetilCH3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel