Pengertian Ilmu Kimia

Pengertian Ilmu Kimia --Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi dialam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya.

Ilmu kimia seringkali dikatakan sebagai central sain karena pada disiplin ilmu apapun selalu berkaitan dengan kimia. Seorang ahli yang melakukan eksperimen tentang kimia dikatakan sebagai ilmuwan, dimana ilmuwan tersebut melakukan peneletian tentang perubahan materi dan perubahan yang menyertainya.

Kimia dalam kehidupan kita

Kimia dalam kehidupan sehari - hari ada dimana-mana, semua yang anda rasakan, anda cium, anda cicipi adalah kimia. Ketika kamu menangis terjadi reaksi kimia, ketika kamu laper terjadi reaksi kimia, sehingga mempelajari kimia sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi didunia ini.

Kebanyakan orang salah paham dengan kimia, hal ini perlu diluruskan ( Baca: Jangan salah paham dengan kimia). Mereka menggap bahwa kimia hanya ada di labor, kimia hanya ada pada makanan berhaya. Padahal para ahli meyakini bahwa segala sesuatu di Alam ini adalah kimia.

Cabang Ilmu kimia

Ilmu kimia memiliki banyak cabang-cabang ilmu diantaranya adalah ilmu kimia analitik, ilmu kimia organik, ilmu kimia anorganik, ilmu biokimia, dan kimia nuklir.

  1. Kimia analitik adalah analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya. Kimia analitik melibatkan metode eksperimen standar dalam kimia. Metode-metode ini dapat digunakan dalam semua subdisiplin lain dari kimia, kecuali untuk kimia teori murni.
  2. Kimia organik mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik didefinisikan sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
  3. Kimia anorganik mengkaji sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidaklah mutlak dan banyak terdapat tumpang tindih, khususnya dalam bidang kimia organologam.
  4. Biokimia mempelajari senyawa kimiareaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan sangat erat, seperti dalam kimia medisinal atau neurokimia. Biokimia juga berhubungan dengan biologi molekularfisiologi, dan genetika.
  5. Kimia nuklir mengkaji bagaimana partikel subatom bergabung dan membentuk inti. Transmutasi modern adalah bagian terbesar dari kimia nuklir dan tabel nuklida merupakan hasil sekaligus perangkat untuk bidang ini.
  Masih banyak bidang lainya seperti astrokimia, biologi molekular, ilmu bahan, fitokimia, fotokimia, farmatologi serta termokimia.Mari belajar kimia sehingga kita paham bagaimana kimia itu terjadi, karena aku kimia..

15 komentar:

januar surya mengatakan...

terima kasih, sangat membantu.

www.kiostiket.com

Malasahsun B.tarani mengatakan...

Oke Sama_sama

Malasahsun B.tarani mengatakan...

Oke Sama_sama

DJ AFIP mengatakan...

Rajalistrik.com

khusnul marlia mengatakan...

cari listrik disini aja Rajalistrik.com

khusnul marlia mengatakan...

cari listrik disini aja Rajalistrik.com

khusnul marlia mengatakan...

cari listrik disini aja Rajalistrik.com

Muhammad Alfath Arba mengatakan...

Sangat membantu :) Terimakasih ^_^

http://newalfath.blogspot.com/

INDRAWAN MAULANA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
INDRAWAN MAULANA mengatakan...

http://ilmukimiakaryaindrawan.blogspot.com

INDRAWAN MAULANA mengatakan...

Coba pasti bermanfaat.

agung lin yun kyun mengatakan...

terima kasih atas pengertian nya sangat membantu saya.!


Visit : http://www.herbalonlinetop.com/2015/09/obat-tradisional-untuk-sakit-kencing-manis.html

Gaha Channel mengatakan...

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN IPHONE
http://gahachannel.blogspot.co.id/2016/05/keunggulan-dan-kelemahan-iphone.html

ruliyani16 mengatakan...

Terima kasih artikelnya..
myblog

apriyani mengatakan...

trims...
myblog

Posting Komentar

Google+ Badge

 
Valid HTML 5 W3C