Jangan salah tentang kimia

Jangan salah tentang kimia --Pernahkah anda dilarang oleh orang tua anda untuk memakan kue tertentu?
"Nah, jangan makan kue dijalanan ada zat kimianya.." Nak, itu mengandung zat kimia, jangan dimakan ya?"

Hal serupa sering kita temui, bukankah Oksigen yang kita hirup adalah zat kimia juga? bukankah air yang kita minum adalah zat kimia juga? iya.. oksigen dan air adalah zat kimia, rumus kimia Oksigen adalah O2 sedangkan air adalah H2O.

Mindset atau pola pikir yang sudah tertanam pada anak-anak bahwa yang namanya kimia seringkali disalah artikan, sehingga yang mereka tahu bahwa kimia itu adalah BAHAYA. Kita harus bisa membedakan antara kimia yang berbahaya dengan kimia yang aman untuk manusia. Zat kimia tidak berbahaya dikonsumsi adalah O2 (Oksigen), H2O (Air), Karbohidrat (pada nasi) dll, sedangkan Zat kimia yang berbahaya dikonsumsi adalah Natrium, Klor, racun, Formalin, Boraks dan lain sebagainya.

Sebenarnya zat diatas berbahaya karena disalah gunakan tapi kalau tepat penggunaannya maka akan sangat bermanfaat. Misalnya formalin untuk mengawetkan jaringan tubuh (manyat), Na ditambah Klor menjadi NaCl yaitu garam, sebagai bumbu masakan.

Dengan demikian diharapkan tidak ada salah lagi terhadap yang namanya zat kimia. Manfaatkan segala sesuatu pada tempat yang tepat, sehingga tidak membahayakan jiwa orang lain..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel